Minggu, 23 April 2017

Minggu, 23 April 2017 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori
Silaturahmi Tim BPTU-HPT Pelaihari di Kantor Dinas Pertanian Kab. Kotawaringin Timur
Kegiatan UPSUS SIWAB di Kabupaten Kotawaringin Timur dilaksanakan pada tanggal 10-12 April 2017. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur, kemudian dilanjutkan oleh Tim Pendamping UPSUS SIWAB Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan ( Dinas TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah yang dalam hal ini di wakili Oleh Bapak Candra, dan sambutan oleh Tim Pendamping UPSUS SIWAB dari BPTU HPT Pelaihari yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Balai, Bapak Drh.Gigih Tri Pambudi, MM  beserta rombongan.

Kegiatan UPSUS SIWAB di Kab. Kotim didukung penuh oleh para petugas teknis peternakan dan penyuluh. Untuk itu pemerintah daerah Kotawaringin Timur juga telah memberikan perhatian khusus. Terdapat perbedaan yang signifikan antara UPSUS SIWAB Peternakan dan UPSUS Pangan, di mana pada upsus peternakan memiliki alokasi dana yang lebih rendah dibanding Upsus Pangan.
Kotawaringin Timur memiliki komitmen untuk mewujudkan swasembada daging, diantaranya perlu populasi 30.000 ekor, namun sekarang baru tercapai 7.000 ekor. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur sangat antusias dengan adanya pogram UPSUS SIWAB, diharapkan dengan adanya program ini populasi ternak akan meningkat secara signifikan. Berdasarkan arahan dari Menteri Keuangan, dengan adanya program moneyflow, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur optimis dapat mensukseskan program UPSUS SIWAB dengan bantuan finansial yang cukup.

Pemanfaatan lahan sawit juga dilakukan sebagai pendorong usaha sapi potong. Di Kabupaten Kotawaringin Timur terdapat 455.000 Hektar lahan perkebunan sawit. Sebuah design pilot project telah dicanangkan di daerah Perigian untuk pemanfaatan limbah sawit sebagai pakan sapi. Dorongan juga dilakukan kepada perusahaan sawit untuk membuka kemitraan dengan masyarakat terkait dengan usaha penggemukan sapi potong, di mana perusahaan yang akan melakukan pengadaan sapi dan dinas akan melakukan pembinaannya.

Inti dari pertemuan ini di samping bentuk silaturahmi antara pemerintah pusat yang diwakili oleh BPTU HPT Pelaihari, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah kabupaten, juga sebagai ajang untuk mengakselerasi kegiatan Upsus Siwab agar berjalan sesuai harapan.
Pada pertemuan sebelumnya  tepatnya tanggal 13 Maret telah disepakati bahwa langkah pertama dalam rangka kegiatan Upsus Siwab ini adalah Identifikasi Akseptor. Dan sebagai langkah awal, Kotawaringin Timur telah siap untuk angka 1.100  ekor. Angka tersebut akan tercover oleh 8 petugas inseminator, dan apabila dibagi per hari maka tidak terlalu berat dalam pelaksanaannya. Kotim berharap dapat mencapai target 5 besar se-Kalteng. Baru lima Kabupaten yang diintensifkan, karena lokasi yang jauh masih menjadi kendala. Diharapkan dari target 1.100 ekor nantinya akan menghasilkan minimal 500-800 ekor pedet.

Kepala BPTU HPT Pelaihari Drh. Gigih Tri Pambudi, MM terjun langsung untuk mensukseskan program Upsus Siwab di Kab. Kotim

Deteksi kebuntingan, sinkronisasi dan Inseminasi Buatan pada kelompok ternak dilakukan di tiga lokasi antara lain, Desa Sumber Makmur, Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Desa Lempuyang, Dusun Seranggas, Kecamatan Teluk Sampit dan Desa Bapanggang Raya, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pertemuan Kepala BPTU HPT Pelaihari dan Kepala Dinas Pertanian Kab. Kotawaringin Timur


Tim PKB BPTU-HPT Pelaihari disaksikan oleh Kabid Peternakan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalteng di Desa Sumber Makmur, Kec. Mentaya Hilir Utara

Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~