Senin, 25 September 2017

Senin, 25 September 2017 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori
Pada tanggal 18 - 20 September 2017 telah diadakan pertemuan Pembinaan Pejabat Fungsional Pranata Komputer Lingkup Kementerian Pertanian, bertempat di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.
Peserta yang hadir 75 orang terdiri dari Narasumber, Panitia/ Sekretariat Prakom, Pejabat Fungsional Pranata Komputer lingkup Kementerian Pertanian (Seluruh Indonesia)

Acara Pembinaan Pejabat Fungsional Pranata Komputer dibuka oleh Kepala Bagian Umum Dr. Ir. Lely Nuryati, M.Sc

Dalam upaya meningkatkan wawasan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pengelola TIK di UK/UPT, diundang narasumber yaitu: Ir. Bayu Mulyana, MM. (Pembina Jabatan Fungsional Prakom) menyampaikan mengenai rencana pengajuan DUPAK Prakom Secara Online dan Ir. Nurwahida, M.Si. (Kasubag Pengembangan Jabatan Fungsional Bidang Peneliti) Biro Organisasi dan kepegawaian Kementerian Pertanian menyampaikan mengenai pengembangan kompetensi PNS


Dalam pertemuan ini ditetapkan berbagai rumusan, antara lain:

1. Untuk meningkatkan kemampuan peserta pembinaan serta meningkatkan kemampuan dalam penyusunan DUPAK, maka disajikan makalah oleh beberapa pemakalah pejabat fungsional pranata komputer sebagai berikut:
a. Safta (Dirjen Tanaman Pangan), “Kendala dan Usulan solusi dalam pengajuan DUPAK”.
b. Yunianto (Balai Veteriner Lampung), “ Sistem Informasi Pemeriksaan spesimen pada Balai Veteriner Lampung”.
c. Heny (Badan Ketahanan Pangan), “Sistem Informasi Pangan”.
d. M.S. Efendi (Balai Veteriner Lampung) “ Komunitas Prakom Indonesia”
e. Dita (Balai Karantina Kelas 1 Palembang) “Penerapan TIK di BKP Kelas 1 Palembang”
f. Rizkina Muhamad Syam (Pusdatin)” DUPAK Online”
g. Isna Helmi (Biro Kerjasama Luar Negeri), “Pemanfaatan V-con”.
h. Apriadi Setiawan (Pusdatin), “ Konsep Framework peran serta kementan dalam memajukan start-up kementan”
i. Cahyani Wartianingsih (Pusdatin), “Infografis menggunakan Ms PowerPoint 2013 ”

2. Dengan telah diterbitkannya undang-undang ASN Nomor 5 Tahun 2014, melalui Keputusan Menpan - RB Nomor 26 tahun 2016, pemerintah mendorong seluruh Pegawai Negeri Sipil untuk mengikuti Inpassing Nasional dengan persyaratan sebagai berikut:
a. PNS yang menduduki jabatan Staff/pelaksana dengan usia maksimal 55 tahun
b. CPNS yang sudah pernah mengikuti kenaikan pangkat reguler 1 kali sebelum menduduki jabatan fungsional (sesuai SK CPNS)
c. Pejabat struktural yang telah diberhentikan dengan hormat sebagai pejabat struktural dan akan menduduki jabatan fungsional kembali
d. Dibebaskan sementara dari jabatan fungsional karena tidak bisa mengumpulkan angka kredit


3. Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian mengingatkan kembali kepada para pengusul dan penilai DUPAK bahwa dalam penghitungan Angka Kredit bagi pejabat fungsional tertentu didasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 tentang jam kerja PNS . adapun perhitungannya sebagai berikut:
a. Jam kerja Efektif perhari : 7,5 Jam x 5 hari = 37.5 Jam
b. Allowance 30% = 11.25 jam/Minggu
c. Total Bekerja dalam seminggu =  26.25 Jam / Minggu
d. Total satu tahun = 26.25 jam x 47 minggu = 1250 jam/tahun

4. Pada tanggal 19 September 2017, sedang dilaksanakan perumusan butir-butir kegiatan penilaian Angka Kredit untuk jabatan fungsional Pranata Komputer antara Kemenpan - RB dengan BPS selaku instansi pembina jabatan fungsional pranata komputer, sehingga diharapkan butir kegiatan yang dirumuskan bisa lebih mudah dipahami dan diterapkan dibandingkan dengan juknis BPS tahun 2014

5. Badan Pusat Statistik sudah merancang DUPAK Online shingga bisa digunakan oleh seluruh instansi dalam proses penilaian DUPAK

Alur Aplikasi DUPAK Online


                       Rencana Integrasi DUPAK Online dengan SIM-ASN, e-kinerja dan e-personal

6. BPS akan membentuk organisasi profesi Pranata Komputer, dan akan mendeklarasikan diri pada bulan Nopember 2017. Diharapkan seluruh pranata komputer di Kementerian Pertanian bisa berperan aktif dalam organisasi tersebut.

7. Tim pembina/penilai di Pusdatin senantiasa fokus pada peningkatan pelayanan Tim Penilai kepada seluruh pejabat fungsional paranta komputer di Kementerian Pertanian.  

8. Dalam pengusulan angka kredit ada rambu yang harus diikuti, penilaian angka kredit didasarkan pada tabel simulasi angka kredit per jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Angka kredit yang diusulkan harus dalam ambang batas wajar, artinya tidak ada sisa penilaian angka kredit (Tabungan angka kredit) yang melebihi ambang batas wajar usulan pertahun.

9. Dalam juklak dan juknis penilaian angka kredit, tidak ada masa sanggah dalam penilaian, karena penilaian angka kredit bersifat mutlak. Jika ada klarifikasi dan konfirmasi dari peserta pengusul DUPAK, maka nilai bisa diperbaiki agar peserta pengusul DUPAK tidak merasa dirugikan dalam penilaiain DUPAK namun tidak bisa diasumsikan sebagai sanggahan penilaian DUPAK.

10. Tim penilai memahami prakom yang bekerja di UPT yang kesulitan dalam mengumpulkan angka kredit. Bagi prakom yang kesulitan mencari kegiatan yang sesuai dengan tupoksi prakom, dianjurkan untuk berkombinasi dengan Pusdatin. Pusdatin membutuhkan bantuan teman-teman prakom dalam membangun aplikasi, banyak modul-modul yang bisa dikembangkan, salah satu aplikasi yang dikembangkan adalah E-Kinerja yang telah terintegrasi dengan E-Personal. Keinginan Kapusdatin, dalam E-personal ada modul SIMAK BMN, sehingga dapat dimonitor siapa pengguna BMN.

11. Untuk DUPAK online walaupun alurnya sama dengan cara konvensional, tetapi dalam pelaksanaanya ada perbedaan teknis yang dilakukan. Penerapan Aplikasi Pengajuan DUPAK Online diharapkan dapat mempercepat proses penilaian DUPAK, dari pengusulan, hingga terbitnya PAK.

12. Tidak ada penilai ketiga di sistem penilaian DUPAK Prakom. Jika ada perbedaan penilaian antara Penilai pertama dan penilai kedua, maka akan dilakukan voting/musyarawah pada saat Pleno.



Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~