Senin, 30 Oktober 2017

Senin, 30 Oktober 2017 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori



Mataram, BPTU-HPT Pelaihari pada bulan Maret 2017 telah melaksanakan kegiatan hibah ternak itik dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi NusaTenggara Barat sejumlah 100 ekor jantan dan 900 ekor betina Day Old Duck (DOD) itik Alabio. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilaksanakan oleh fungsional paramedik Haryoto A.Md dan fungsional pengawas mutu pakan Abdul Haris pada tanggal 24 Oktober 2017.
Hibah DOD sebanyak 1.000 ekor sudah didistribusikan kepada 3 kelompok yaitu Kelompok Ternak Timba Malik sebanyak 200 ekor, Kelompok Tunas Sederhana sebanyak 200 ekor, dan Kelompok Ternak Bangkit Punik sebanyak 600 ekor.
Kelompok Ternak Timba Malik yang diketuai bapak Aries Munandar, beralamat di desa Lenek Deye kecamatan Aikmel, kabupaten LombokTimur. Lokasi kelompok berada di kampung unggas yang ditetapkan oleh gubernur NTB pada tahun 2016.  Kandang berupa kandang kelompok semi intensif yang terdiri area naungan dan umbaran. Pakan berupa campuran konsentrat khusus itik dan dedak kasar dengan perbandingan 1 : 5. Kelengkapan kandang yang dimiliki antara lain mesin pembuat pakan ternak, unit pengolahan telur asin, oven pemanggang telur asin dan pemasaran hasil berupa telur telur asin oven.
Kelompok Ternak Bangkit Punik, desa Lenek Daye, kecamatan Aikmel, kabupaten LombokTimur menerima hibah DOD sebanyak 600 ekor. Kelompok ternak ini membagi itik hibah kepada anggota kelompok dan tidak dalam satu kandang kelompok.
Kelompok ternak Tunas Sederhana beralamat di Desa Bagik Nyaka Santri, kecamatan Aikmel kabupaten LombokTimur menerima hibah itik sebanyak 200 ekor kemudian dibagi menjadi dua lokasi masing-masing 100 ekor. Kondisi ternak saat ini masih baik, belum bertelur. Kelompok ternak sudah memiliki unit penetasan tetapi belum dimanfaatkan. Disarankan kepada kelompok untukmemulai menetaskan supaya usaha tetap berkelanjutan.


-haryoto-
Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~