Senin, 30 Oktober 2017

Senin, 30 Oktober 2017 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori
Kegiatan Pendampingan UPSUS SIWAB dilaksanakan di Desa Baru dan Desa Landau Tubun, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat. Tim berangkat dari Banjarmasin tgl 18 Oktober 2017 dengan transit di bandara Sepinggan, Balikpapan, setelah mendarat di Bandara Supadio Pontianak tim melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Melawi dengan menggunakan jalan darat. Perjalanan memakan waktu sekitar 9 jam dengan kondisi jalan rusak.


Foto bersama anggota tim sebelum meluncur ke desa Landau Tubun


Setelah beristirahat selama beberapa jam di hotel Amaranta, kecamatan Nanga Pinoh, pagi harinya tim bergerak menembus lebatnya hutan dan perkebunan sawit dengan menggunakan mobil berpenggerak 4 roda ke  desa Landau Tubun. Setelah tim berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat, tim dibagi 2 menjadi 2 tim kecil, tim pertama melaksanakan kegiatan di desa Landau Tubun sedangkan tim kedua meluncur ke desa Baru. Kepala Desa dan para peternak menyambut antusias kedatangan tim. Pendampingan UPSUS SIWAB kali ini memeriksa sebanyak 128 ekor sapi, dengan hasil 110 ekor sapi diketahui bunting, tidak ditemukan ternak yang menderita kelainan kondisi uterus maupun kelainan kondisi ovarium. Tim juga melaksanakan pemberian vitamin pada mayoritas ternak dengan cara pemberian injeksi intramuskular. Pada UPSUS SIWAB kali ini tim terkendala dengan deras dan tingginya permukaan air di sungai desa tersebut. Sehingga sapi –sapi yang ada di desa seberang tidak dapat diseberangkan untuk diperiksa.

Program Kesehatan Hewan oleh Tim Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi

Sore harinya tim kembali ke kecamatan Nanga Pinoh untuk bermalam dan beristirahat, dan keesokan harinya tanggal 20 Oktober 2017 tim bergerak pulang dengan rute Nanga Pinoh – Pontianak lewat jalan darat, Pontianak – Jakarta – Banjarmasin lewat udara dan Banjarmasin Pelaihari lewat darat. Perjalanan yang melelahkan terbayar dengan keindahan pemandangan kabupaten Melawi, dan keramahan peternak setempat. Pendampingan UPSUS SIWAB telah berhasil dan tim dapat pulang ke Pelaihari dengan selamat.

Diskusi mengenai problematika peternakan sapi


Serah terima logistik UPSUS SIWAB oleh Tim BPTU HPT Pelaihari kepada Staff Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi


Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~