Senin, 13 November 2017

Senin, 13 November 2017 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori




Pelaihari, kotoran kambing sebagai produk samping peternakan ternyata menyimpan potensi manfaat lebih baik lagi dengan diolah menjadi pupuk organik padat. Selama ini, pupuk kambing disebarkan secara langsung ke lahan hijauan pakan ternak, tanpa proses lanjutan. BPTU-HPT Pelaihari mengundang pakar dan praktisi pupuk organik berbasis kotoran ternak dari Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Dr. Anis Wahdi untuk mengisi kelas teori dan praktek pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik. Pelatihan diikuti 30 peserta terdiri atas pegawai dan anggota Darma Wanita BPTU-HPT Pelaihari, kelas teori dilaksanakan di aula dan praktek lapangan di sekitar gudang pakan.
Dr Anis memaparkan bahwa yang dimaksud pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dengan meramu bahan-bahan organik. Pupuk organik berfungsi untuk memperbaiki sifat fisik, sifat kimiawi dan sifat biologi tanah. Dampak positif yang diterima oleh tanah dari penggunaan pupuk organik adalah sistem aerasi dan drainase tanah lebih baik, struktur tanah lebih stabil, infiltrasi air hujan ke tanah lebih baik, kemampuan menahan air pada tanah lebih baik, peningkatan populasi dan keragaman mikroba tanah dan makrobiota tanah, mengurangi senyawa toksik di tanah, dll.
Bahan utama pupuk organik adalah kotoran (kambing,sapi,unggas,dll), bahan tambahan seperti ampas tahu,kapur pertanian, abu sekam padi, gergajian, dll dan bahan perombak seperti EM 4 atau dekomposer lain disamping menyiapkan tempat dan peralatan. Contoh formulasi pembuatan pupuk organik yang dapat diterapkan diantaranya:
Kotoran Kambing
900 Kg
Dedak Padi
5 - 10 kg
Sekam Padi
50 - 90 kg
Gula pasir/molase
250 gram
Urea dan SP36
@ 1 – 2,5 kg
EM-4
1 liter
Air
Secukupnya
JUMLAH
Sekitar 1.000 kg


Kotoran Sapi
800 kg
Dedak padi
5 kg
Sekam Padi
50 kg
Abu sekam padi
50 kg
Limbah pabrik tahu
50 kg
Guano
25 kg
Kapur pertanian
20 kg
Gula/molase
250 gram
EM-4
1 liter
Air
Secukupnya
JUMLAH
1.000 kg

Semoga pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Padat ini menambah wawasan kita untuk meningkatkan nilai tambah dan manfaat dari hasil samping peternakan dan dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas.
Salam

-imunggulabrianto-  
Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~