Kamis, 23 November 2017

Kamis, 23 November 2017 - Oleh BPTU Pelaihari - Kategori




Pelaihari, dibawah pendampingan narasumber  akademisi dan praktisi reproduksi dari Fakultas Peternakan Universitas Sriwijaya Palembang drh. Langgeng Priyanto, M.Si, BPTU-HPT Pelaihari melaksanakan kelas pelatihan dan penyegaran pemeriksaan kebuntingan (PKB) dengan metode Palpasi per Rektal dan menggunakan alat Ultrasonografi (USG) pada ternak sapi dan kambing kepada pejabat fungsional teknis. Pelatihan dan penyegaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsional teknis dalam melaksanakan PKB untuk keperluan teknis internal maupun pelayanan di masyarakat.
Drh. Langgeng Priyanto, M.Si dalam sesi kelas menyampaikan materi diantaranya tentang periode kebuntingan, fisiologi kebuntingan, perkembangan embrio dan janin, hormon yang mempengarui kebuntingan,dll. Diagnosa kebuntingan dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti Palpasi per Rektal,  Ultrasonografi dan hormon kebuntingan. Metode Palpasi per Rektal dilaksanakan dengan cara uterus dipalpasi melalui dinding rectum untuk mengetahui pembesaran uterus selama kebuntingan,metode ini dapat dilakukan pada tahap awal kebuntingan dan memberikan hasil akurat. Metode ultrasonografi menggunakan prinsip bahwa cairan dalam fetus akan menimbulkan gelombang suara dan gema dari suara akan membentur dinding (tulang,jaringan, dll) yang kemudian ditangkap sebagai gambar di layar. Metode pemeriksaan hormon kebuntingan berdasarkan kepada kenaikan hormon progesteron yang dihasilkan oleh corpus luteum.
Pelatihan dilanjutkan dengan sesi praktek di kandang pemeliharaan sapi Madura BPTU-HPT Pelaihari. Pemeriksaan kebuntingan dengan metode palpasi per rektal dibimbing oleh narasumber bersama dengan fungsional medik kepada seluruh peserta. Praktek langsung pemeriksaan kebuntingan menggunakan USG dilaksanakan kurang lebih selama 3 jam,dimulai instalasi alat, penggunaan alat hingga membaca tampilan pemeriksaan di monitor USG dibawah bimbingan narasumber.
Pelatihan dan penyegaran semacam ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsional teknis di BPTU-HPT Pelaihari sehingga dapat berperan secara optimal dalam memajukan peternakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  (23/11/2017).
Salam
-imunggulabrianto-
Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~