Kamis, 10 Mei 2018

Kamis, 10 Mei 2018 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori
Penyebab Penyakit Predisposisi

Penyebab ini merupakan penyebab penyakit yang berasal dari hal-hal umum, penyebab seperti ini termasuk umur hewan, cuaca atau kondisi musim, yang mungkin menyebabkan hewan terkena hujan lebat atau keadaan dingin yang sangat, kondisi tropis dari matahari dan keadaan panas terik yang mungkin menyebabkan ketahanan hewan terhadap penyakit menurun, polusi udara atau kontaminasi air, kualitas pakan yang buruk seperti jerami berjamur dan tanaman hijauan penyebab perut kembung, kerja terlalu berat, kondisi keturunan yang diperoleh dari induk dan kondisi penyakit tertentu.

Penyakit Akut dan Menahun

Istilah ini dipergunakan untuk menyatakan terjadi dan lamanya penyakit. Istilah akut memiliki arti suatu penyakit yang dimulai secara cepat dan kemudian berlangsung dalam waktu yang pendek. Kronis dipergunakan dalam keadaan suatu penyakit yang terjadi dalam waktu lama atau bahkan mungkin dalam periode yang tidak terbatas.

Peradangan (Akut)

Istilah ini dipergunakan untuk reaksi tubuh dalam menahan luka, iritasi, fraktura dan penyakit. Dalam proses peradangan jaringan atau bagiannya melewati sejumlah stadium (a) menjadi merah karena lebih banyak darah dengan banyak sel darah putih menuju ke daerah peradangan dan (b) menjadi panas, bengkak dan sakit dan tidak berfungsi secara sempurna. Apabila penyebabnya disingkirkan, organ direlaksasi dan diberikan terapi maka dapat terjadi kesembuhan.

Peradangan (Menahun)

Pada peradangan menahun terjadinya panas dan kemerahan, jelas, tidak begitu jelas. Sebaliknya, terdapat pembengkakan dari kelompok seperti jaringan baru yang padat (terutama berisi sel darah putih dan jaringan fibrosa) dibentuk oleh tubuh.

Demam

Demam adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk menyatakan kenaikan panas dan biasanya menyertai infeksi. Kenaikan suhu biasanya disertai oleh penurunan nafsu makan, naiknya pernafasan dan denyut nadi rata-rata, hewan berkeringat dan menggigil.

Morbiditas dan Mortalitas

Istilah ini sering dipergunakan dalam menyatakan akibat dari penyakit dalam kelompok atau kandang. Angka kesakitan (morbiditas) adalah jumlah hewan dalam kelompok atau kandang yang terserang penyakit tetapi yamg tidak mati. Apabila prosentase hewan terserang menjadi besar angka kesakitannya dikatakan tinggi. Angka kematian (mortalitas) adalah jumlah hewan yang mati karena penyakit. Kedua, angka kesakitan dan kematian biasanya dinyatakan dalam prosentase, sebagai contoh 10 hewan terserang dari 100 akan dinyatakan sebesar 10 persen.

Epizootik

Epizootik adalah suatu terminologi yang dipergunakan untuk menyatakan penyakit hewan (seperti rinderpest) yang menyebar secara cepat meliputi daerah luas yang dapat disebut dengan istilah epidemik yaitu untuk menyatakan suatu penyakit yang secara cepat menyebar di antara umat manusia.

Enzootik

Enzootik adalah istilah yang dipergunakan untuk menyatakan suatu penyakit yang secara terus menerus berada dalam populasi hewan tetapi tidak tersebar secara cepat.

Sporadik

Sporadik dipergunakan untuk menyatakan suatu penyakit yang secara tidak normal berada dalam suatu populasi hewan tetapi yang muncul secara mendadak dari waktu ke waktu dan mendadak pula menghilang.

Tanda-tanda Terjadinya Penyakit

Sebelum tanda penyakit muncul, ada suatu periode di mana setelah organisme penyebab penyakit memasuki tubuh hewan, tetapi tanda terjadinya penyakit belum jelas. Ini disebut masa inkubasi yang lamanya tergantung dari karakteristik suatu penyakit. Seekor hewan dalam keadaan sakit akan secepatnya menunjukkan perubahan dalam banyak hal. Perubahan-perubahan ini disebut sebagai gejala (symptom) atau keadaan penyakit.

Diagnosa

Diagnosa suatu penyakit berdasar hasil pengamatan gejala dan perubahan dalam jaringan hewan. Beberapa gejala menciri terhadap penyakit tertentu seperti kejang otot pada tetanus dan kelumpuhan pada milk fever, namun lebih sering suatu penyakit dikenali hanya setelah pengujian secara hati-hati dari hewan setelah post mortem dan pengujian laboratoris dari ulas dan spesimen yang telah dibuat.
Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~