Senin, 25 Juni 2018

Senin, 25 Juni 2018 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori





               Brooding adalah masa di mana itik yang berumur 1 hari (DOD/ Day Old Duck) membutuhkan kehangatan dari induknya. Masa ini berlangsung hingga kurang lebih usia 14 hari dan sangat krusial karena akan mempengaruhi produktivitas itik ketika beranjak dewasa. Berikut terdapat beberapa manajemen brooding DOD dengan kandang postal yang baik:

1. Persiapan Kandang Khusus Brooding
                Kandang untuk brooding bisa ber-tipe postal maupun tipe panggung (box). Untuk kandang postal, alas kandang dibuat dari sekam yang telah didesinfeksi dengan desinfektan. Kemudian tabur kapur dan tutup sekam dengan koran bekas. Sekam diberi alas koran agar lebih hangat dan DOD tidak memakan sekam. Untuk ukuran kandang, beberapa penelitian menyebutkan untuk usia 1 hari s/d 1 minggu kepadatan 20-25ekor / M2, untuk usia 1 minggu s/d 2 minggu kepadatan 20-18 ekor/M2. Kondisi kandang yang terlalu padat dapat mempengaruhi pertumbuhan itik. Keadaan kandang yang terlalu sempit akan meningkatkan akumulasi zat karbon dioksida serta penurunan kadar oksigen di dalam kandang yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat serta itik rentan terhadap penyakit hingga mengakibatkan kematian pada anak itik.

2. Persiapan Pemanas Buatan (Heater) Induk Buatan
                 Pemanas buatan sangat dibutuhkan itik pada periode starter, anak itik membutuhkan suhu ruang antara 35°C pada umur 1 minggu dan berangsur-angsur diturunkan hingga 18°C pada umur 4 minggu. Pemanas buatan dapat mengggunakan gasolek, semawar, maupun lampu pijar ataupun lampu minyak tergantung dari tipe kandang. Sebelum anak itik dimasukan ke dalam induk buatan, sebaiknya pemanas buatan sudah terlebih dahulu dinyalakan mininmal 12 jam sebelummnya.
Untuk mengetahui kondisi panas yang ideal dapat diihat dari sebaran DOD. Apabila DOD terlihat bergerombol di dekat pemanas, maka suhu terlalu rendah. Apabila DOD menjauhi pemanas, maka suhu terlalu tinggi. Itik akan tampak aktif menyebar bila suhu pemanas tepat.

3. Persiapan Air Minum
                  Itik membutuhkan air minum yang lebih dibandingkan dengan unggas lainnya. Untuk itu air minum diberikan dengan tidak terbatas agar ketersedian air minum untuk itik selalu tercukupi. Tempat air minum itik dapat menggunakan tempat minuman buatan pabrik yang berbentuk gallon ataupun tempat minuman yang berbentuk memanjang. Adapun ukuran tempat minuman itik tergantung dari jumlah anak itik yang dipelihara, untuk 100 ekor anak itik dibutuhkan 3 hingga 4 buah tempat minuman berbentuk gallon. Untuk DOD yang baru datang hingga usia 3 hari, tambahkan gula (ataupun sejenisnya), vitamin, dan antibiotik pada air minum untuk mengobati stres perjalanan dari itik.

4. Persiapan Pakan
                    Untuk pakan DOD, setiap 100 ekor anak itik memerlukan empat buah tempat pakan berbentuk piringan bulat dengan garis tengah sekitar 30 cm atau tiga buah tempat pakan dengan garis tengah sekitar 40 cm. Pakan dapat menggunakan pakan konvensional yang dibuat untuk itik starter.
Untuk merangsang DOD makan, pakan dapat disebar sedikit di alas koran. Dengan begitu, itik secara naluri akan memakan makanan yang terhampar dan mencari sumber makanan.

                    Demikian persiapan yang perlu dilakukan sebelum kedatangan DOD. Pastikan proses brooding berlangsung optimal agar pembentukan sistem imun DOD maksimal dan ternak lebih tahan terhadap penyakit.

Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~