Jumat, 22 Juni 2018

Jumat, 22 Juni 2018 - Oleh BPTU-HPT Pelaihari - Kategori





                    Radang Paha atau biasa disebut Blackleg merupakan suatu penyakit bersifat akut dan menular yang terjadi pada sapi, domba dan babi, disebabkan oleh bakteri dari genus Clostridium (Clostridium chauvoei) yang diketemukan dalam tanah dan dalam usus dari hewan normal dan yang mungkin menyerang tubuh melalui kerusakan kulit atau selaput lendir. Organisme memproduksi spora yang sangat tahan terhadap kondisi panas dan tahan hidup lama dalam tanah. Mereka berkembang hanya dalam ketiadaan oksigen (anaerob). Sering menyerang pada sapi muda umur 8 - 18 bulan dan domba yang telah dicukur. Penyakit ini tersebar luas di negara tropis. Babi tidak terlalu rentan terserang penyakit ini.

Gejala

                      Hewan pertama kali diketahui pincang, kemudian terbentuk pembengkakan di bagian atas kaki, yang secara cepat meluas dan berkrepitasi dalam rabaan yang disebabkan adanya gas di bawah kulit. Gerakan terbatas karena rasa sakit, nafsu makan sangat berkurang dan perhentian ruminasi, demam sangat tinggi dan meningkatnya ritme pernafasan. Penyakit berkembang cepat dengan gejala seperti mendengkur dan gigi bergeretak. Kematian terjadi mendadak selama 12 - 48 jam setelah kejadian, sering diikuti dengan keluarnya darah dari hidung dan anus.

Diagnosa

                      Apabila dicurigai Radang Paha atau Blackleg, harus dibuat preparat ulas darah dari muskulus yang meradang dan spesimen dikirim dengan segera untuk dilakukan pengujian. Preparat ulas darah secara cepat dapat membedakan penyakit ini dengan Anthrax. Pengujian post mortem tidak perlu dilakukan, tetapi apabila dilakukan pemotongan, otot yang meradang akan terlihat hitam, kering dan berbau seperti mentega tengik.

Pengendalian dan Pencegahan

                      Karkas harus diperlakukan seperti terhadap karkas pada kasus penyakit Anthrax. Dalam kabupaten yang tertular semua sapi dari umur 6 bulan sampai 3 tahun harus divaksin setiap tahun. Domba harus divaksin sebelum pencukuran.
Informasi dan Publikasi lainnya dapat anda lihat selengkapnya di Publikasi Lainnya >>
  • Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
  • ~ Untuk mendapatkan resolusi dan tampilan terbaik kami sarankan menggunakan browser Mozila Firefox atau Google Chrome ~